Review Salep Jamur Miconazole Nitrate Cream 2% Untuk Mengatasi Jamur Pada Kulit

Holla Cat Lovers!

Mimin disini bukan mau me-review suatu produk makanan kucing atau pun pasir, tapi Mimin akan me-review salah satu obat berupa salep yang digunakan untuk mengobati penyakit kulit, jamur, dan ringworm pada si kucing. Cat Lovers penasaran?

Yuk langsung aja Mimin bahas dibawah ini~

Salep jamur Miconazole Nitrate Cream 2% merupakan salah satu obat anti jamur yang diproduksi oleh perusahaan bernama Kimia Farma, Medan-Indonesia. Cat Lovers pasti tidak asing lagi dengan Kimia Farma ini. Perusahaan ini merupakan perusahaan besar industri farmasi yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda tahun 1817. Kimia Farma ini dikenal karena memproduksi obat jadi dan obat herbal, iodium, kina serta produk-produk turunannya dan minyak nabati. Selain itu, Kimia Farma juga telah berkembang menjadi perusahaan yang menyediakan pelayanan kesehatan integrasi dari hulu ke hilir dan memiliki bidang usaha utama yaitu : Manufaktur Farmasi yang didukung oleh Riset dan Pengembangan; Distribusi dan Perdagangan; Pemasaran; Ritel Farmasi; Laboratorium Klinik dan Klinik Kesehatan. 

Miconazole Cream merupakan obat anti jamur golongan Imidazol yang mengandung Miconazole. Krim ini digunakan secara topikal atau pada membran mukosa untuk mengobati infeksi yang disebabkan fungsi Trichophyton, Epidermophyton, Microsporum, Candida, dan Malessezia furfur. Miconazole bekerja menghambar biosintetis ergosterol pada jamur dan mengubah komposisi komponen lipid lain di dalam membran, sehingga mengakibatkan nekrosis sel jamur.

Penampakan dan Kemasan Produk
Berikut ini adalah penampakan dari Salep Jamur Miconazole Nitrate Cream 2% :

Salep jamur Miconazole Nitrate Cream 2% ini dikemas menggunakan tube yang biasanya digunakan untuk salep pada umumnya, bentuknya kecil dan terdapat berbagai informasi pada kemasan nya. Untuk kemasan salep jamur Miconazole Nitrate Cream 2% ini hanya memiliki satu kemasan yaitu kemasan box/dus isi 24 tube (satuan nya berisi 10 Gr). Tapi biasanya di apotek, petshop, toko di market place memang menjual dengan harga satuan, dan itu tidak menjadi masalah ya, Cat Lovers.

Salep jamur Miconazole Nitrate Cream 2% ini dikemas menggunakan kemasan berwarna putih seperti tampilan salep pada umumnya, serta terdapat beberapa informasi seperti nama salep, logo bulat berwarna biru yang berarti ini adalah obat keras, nama perusahaan yang memproduksi, komposisi, dosis pemakaian, kode produksi/kadaluwarsa, peringatan obat keras, dan saran penyimpanan.
 .
Komposisi
Tiap gram mengandung Miconazole Nitrate sebesar 0,02 gram.

Keunggulan
Salep jamur Miconazole Nitrate Cream 2% merupakan salah satu salep krim untuk mengatasi berbagai infeksi jamur pada kulit. Tidak hanya bisa digunakan untuk manusia saja, salep jamur Miconazole ini juga bisa digunakan hewan seperti anjing dan kucing. Selain itu, produk ini juga mengandung Miconazol yang bekerja untuk menghambat biosintesis ergosterol pada jamur dan mengubah komposisi komponen lipid lain di dalam membran, sehingga mengakibatkan nekrosis sel jamur.

Berbagai infeksi jamur pada kulit yang bisa diatasi dengan salep jamur Miconazole Nitrate Cream 2% ini adalah : infeksi akibat jamur Candida di kulit (Cutaneous Candidiasis), Kurap (Tinea Corporis), infeksi jamur di dagu (Tinea Barbae), infeksi jamur di selangkangan (Tinea Cruris), infeksi jamur di tangan (Tinea Manum), infeksi di leher/badan (Tinea Corporis), infeksi di kulit kepala (Tinea Capitis), kutu air (Tinea Pedis), dan Panu (Pityriasis Versicolor). 

Indikasi
Salep jamur Miconazole Nitrate Cream 2% ini bisa digunakan untuk mengatasi infeksi jamur kulit seperti :
  • Infeksi akibat jamur Candida di kulit (Cutaneous Candidiasis)
  • Kurap (Tinea Corporis)
  • Infeksi jamur di dagu (Tinea Barbae).
  • Infeksi jamur di selangkangan (Tinea Cruris) 
  • Infeksi jamur tangan (Tinea Manum) 
  • Infeksi di leher/badan (Tinea Corporis) 
  • Infeksi di kulit kepala (Tinea Capitis)
  • Kutu air (Tinea Pedis)
  • Panu (Pityriasis Versicolor) 
Dosis dan Cara Pemakaian
Berikut ini adalah dosis yang disarankan Salep jamur Miconazole Nitrate Cream 2% untuk penggunaan pada manusia :
  • Untuk dewasa dan anak-anak dapat dioleskan secukupnya
  • Untuk yang sedang terinfeksi Tinea Pedis, Kruris, Korporis dan Kandasisiasis kulit dapat diberikan 2 kali sehari (pagi dan malam) selama 2 minggu.
  • Untuk yang sedang terinfeksi Tinea Versikolor dapat diberikan sehari sekali.
Dan berikut ini adalah dosis yang disarankan untuk penggunaan pada hewan seperti kucing :
  • Belah bulu hewan, oleskan tipis-tipis di area yang terinfeksi dua kali sehari. Oleskan pada kulit yang terinfeksi.
  • Sebelum menggunakan krim Miconazole, bersihkan terlebih dahulu area kulit yang terinfeksi dan yang ingin diolesi krim, lalu keringkan. Selanjutnya, oleskan krim secukupnya pada area tersebut.
  • Produk ini hanya gunakan cotton bud atau sarung tangan karet saat mengoleskan. Cuci tangan sebelum dan sesudah mengoleskan salep.
  • Hanya boleh digunakan sebagai obat luar. Tidak boleh dioleskan pada hidung, mata, mulut maupun pada kulit yang luka, tergores, atau terbakar.
  • Gunakan sesuai anjuran dokter dan petunjuk. Jangan berhenti menggunakan obat ini sebelum waktu yang ditentukan oleh dokter. Walau infeksi terlihat sudah sembuh, jamur tetap berpotensi tumbuh kembali bila pengobatan dihentikan terlalu cepat.
Golongan Obat
Salep jamur Miconazole Nitrate Cream 2% ini di golongkan sebagai obat bebas terbatas (termasuk obat keras), dan hanya digunakan untuk penggunaan luar saja. Namun perlu diperhatikan kembali saat digunakan untuk si kucing, sebaiknya pakaikan collar pada hewan selama proses pengobatan. Dan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan jika si kucing sedang hamil atau menyusui.

Saran Penyimpanan
Simpan pada suhu dibawah 30 derajat celcius dan terlindung dari cahaya. Setelah kemasan dibuka, pada suhu yang sama yaitu dibawah 30 derajat celcius, terlindung dari cahaya, dan gunakan dalam waktu 30 hari.

Testimoni
Berikut ini adalah testimoni dari Cat Lovers yang sudah mencoba salep jamur Miconazole Nitrate Cream 2%  pada kucingnya :


Harga?
Salep Jamur Miconazole Nitrate Cream 2% ini hanya dibanderol dengan harga 8 ribu-an per kemasan satuannya (10 Gram). Jika Cat Lovers ingin mendapatkannya, bisa juga melalui Radio Kucing di : Shopee Tokopedia.

Kesimpulan dan Mengapa Merekomendasikan Produk Ini
Setelah melalui serangkaian pembahasan, dan merangkum testimoni dari Cat Lovers lainnya, Radio Kucing bisa bilang Salep Jamur Miconazole Nitrate Cream 2% ini ampuh untuk digunakan saat terkena jamur. Produk ini merupakan salah satu salep krim untuk mengatasi berbagai infeksi jamur pada kulit. Tidak hanya bisa digunakan untuk manusia saja, salep jamur Miconazole ini juga bisa digunakan hewan seperti anjing dan kucing. Selain itu, produk ini juga mengandung Miconazol sebanyak yang bekerja untuk menghambat biosintesis ergosterol pada jamur dan mengubah komposisi komponen lipid lain di dalam membran, sehingga mengakibatkan nekrosis sel jamur.

Berbagai infeksi jamur pada kulit yang bisa diatasi dengan salep jamur Miconazole Nitrate Cream 2% ini adalah : infeksi akibat jamur Candida di kulit (Cutaneous Candidiasis), Kurap (Tinea Corporis), infeksi jamur di dagu (Tinea Barbae), infeksi jamur di selangkangan (Tinea Cruris), infeksi jamur di tangan (Tinea Manum), infeksi di leher/badan (Tinea Corporis), infeksi di kulit kepala (Tinea Capitis), kutu air (Tinea Pedis), dan Panu (Pityriasis Versicolor). Selain itu, produk ini hanya untuk dipergunakan pada tubuh bagian luar saja. Jika ingin diaplikasikan pada anak kucing, sebaiknya pakaikan collar pada hewan selama proses pengobatan. Dan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan jika si kucing sedang hamil atau menyusui ya, Cat Lovers.

Oh iya, informasi umum mengenai Salep Jamur Miconazole Nitrate Cream 2% ini, juga bisa Cat Lovers akses melalui website resmi Kimia Farma yaitu www.kimiafarma.co.id.

Yuk lengkapi kebutuhan si kucing dengan berbelanja di Radio Kucing!

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semuanyah!!
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari kemasan produk, website resmi, dan pengalaman pribadi Tim Radio Kucing.

Sincerly,
Tim Radio Kucing.

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing, harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih. 

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)
Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Comments

Popular posts from this blog

Review Makanan Kucing Beauty Cat Food Premiu. Produk lokal, kibble gampang dilibas!

Review Obat Cacing Combantrin Anak Rasa Jeruk untuk Kucing Cacingan

Review Makanan Kucing Maxi Premium Cat Food

Review Obat Cacing Drontal Cat Tablets

Review Makanan Kucing Life Cat Dry Food

Program Sterilisasi Kucing di Puskeswan Bandung