Saturday, January 25, 2014

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing akan berbagi tips dan trik untuk menghemat penggunaan pasir kucing tipe clumping atau yang biasa disebut pasir gumpal atau pasir wangi. Nah, seperti yang kita ketahui bersama, bahwa harga pasir kucing tipe ini tidak lah murah. Jika dibandingkan dengan pasir kucing non-clumping (tidak menggumpal) harganya bisa sampai 3 kali lipat atau lebih. Jika kita hanya memiliki 1 ekor kucing, mungkin pengeluaran untuk menyediakan pasir untuk si Mpus tidak akan terlalu membebani, namun bagaimana jika kita memelihara banyak kucing? Tentu saja dana untuk menyediakan pasir si Mpus tidak bisa dibilang sedikit. Namun, ada beberapa tips dan trik dalam menghemat penggunaan pasir kucing yang biasa saya lakukan disaat keadaan keungan sedang tidak bersahabat. Yuk, disimak :)

Sumber : disini

1. Gunakan kertas bekas sebagai alas dasar litter box
Cara pertama yang bisa Cat Poeple lakukan untuk menghemat penggunaan pasir kucing adalah dengan menggunakan kertas bekas (koran atau sejenisnya) untuk melapisi dasar litter box. Kemudian taburkan pasir gumpal yang biasa digunakan di atas kertas bekas tersebut tipis-tipis, sebatas menutupi area litter box yang sudah dilapisi koran. Pasir gumpal disini berfungsi sebagai trigger awal dan menjaga kenyamanan si Kucing saat akan pup/pee, karena kucing terbiasa pup/pee di pasir. Nah, saat kucing pup/pee, Cat People bisa membuang pasir dan korannya sekaligus. Biasanya trik ini hanya efektif untuk 1x 24 jam, karena jika lebih dari itu makan pasir akan sudah basah semuanya dan sudah menggumpal karena sudah digunakan oleh kucing. So, Cat People harus mengganti koran dan pasir setiap hari.

2. Menggunakan pasir gumpal setipis mungkin
Mirip dengan cara yang pertama, namun bedanya cara kedua ini hanya menggunakan pasir gumpal saja saat menlapisi litter box. Cara ini efektif jika Cat People sering berada dirumah dan tidak sering berpergian, sehingga saat Cat People melihat si Kucing sudah beres pup/pee, maka bisa lengsung membersihkannya dengan scoop dan membuat bagian-bagian pasir yang terkena pup/pee kucing tersebut.

3. Mencampurkan pasir gumpal dengan pasir non-gumpal
Cara ketiga ini adalah cara yang paling sering saya lakukan. Saya mencampurkan pasir gumpal yang saya gunakan dengan pasir non-gumpal biasa. Biasanya pasir non-gumpal yang saya gunakan adalah pasir Zeolith. Pasir Zeolith yang saya gunakan biasanya adalah pasir Zeolith nomor 2. Mengapa menggunakan pasir Zeolith nomor 2? Karena menurut saya, pasir Zeolith nomor 2 butirannya tidak sehalus pasir zeolith nomor 1 dan tidak sebesar dan sekasar pasir zeolith nomor 3, jadi pasir zeolith butirannya relatif kecil namun tidak besar dan tidak terlalu halus, pas! Komposisi yang biasa saya pakai adalah 3 : 1 atau 5 : 2. Jadi, andaikata saya menggunakan 3 gelas pasir gumpal, maka pasir Zeolith yang saya tambahkan adalah 1 gelas, dan jika saya menggunakan 5 gelas pasir gumpal, maka pasir Zeolith yang saya tambahkan adalah 2 gelas. Setelah takarannya sesuai, setelah itu diaduk merata menggunakan scoop yang kering (jangan menggunakan scoop basah atau scoop yang baru dicuci dan tidak kering sempurna, karena pasir akan menempel di scoop dan harus dicuci kembali untuk disimpan). Saya juga menggunakan tambahan baking soda pada pencampuran ini, fungsinya agar bisa meminimalisir bau.


Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Cat People semua-muanyah :)
Oiya, sumber tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi dan beberapa sumber di internet.


Sincerly,
Radio Kucing  - @juwies

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.



========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)


Untuk Cat Lover yang ingin belanja langsung via whatsapp/line sambil ngobrol santai / konsultasi ringan mengenai kucing, silahkan hubungi:

Line: juwies
Instagram: radiokucing (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)
Whatsapp: O856-2I2-647O (bisa juga melalui klik pada gambar di atas)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Tagged: , , , , ,

11 comments:

  1. terima kasih sekali artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Halo Mas Misbahun Maaruf.
      Harga baking soda saat ini sekitar 10rb per kg.
      Mungkin tiab toko dan tiap daerah bisa jadi berbeda harga ya :)

      Delete
  3. Hai kak,saya nggak sengaja mencuci pasir wangi kucing saya kak. Solusinya bagaimana ya? Tlg segera dijawab ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pasir gumpal wangi dicuci kan menggumpal. Ngga ada yang bisa dilakukan Sis, soalnya udah ga bisa dipake. Kalau dipaksain dipakai juga ga optimal. Sudah di jawab segera ya :)

      Delete
  4. Pake baking soda nya sbrapa banyak ya?

    ReplyDelete
  5. Kenapa ya kucing saya masih sering poop sembarangan padahal sudah saya sediakan kotak pasir.��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi stress, ga suka dgn jenis pasir nya, liter box kotor dan ga nyaman, dll

      Delete

Halo. Terimakasih telah mengunjugi Blog Radio Kucing. Mari berkomentar dgn bijak dan sharing pengalaman tentang Kucing, our adorable pets! :D